Penataan Ulang Lahan Parkir Pada Kampus E
Universitas Gundarma
Gambar 1 Kampus E Universitas Gunadarma
|
Di
era modern dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, lahan parkir menjadi
salah satu yang tidak bisa lepas dari kebutuhan manusia terutama di tempat yang
bersifat publik, seperti kampus, kantor, komersil, dll. Dalam kehidupan
sehari-hari parkir sudah menjadi pemandangan yang khas. Sering kita melihat
kendaraan parkir di ruas-ruas jalan maupun di gedung-gedung parkir. Di antara
area-area parkir itu masih banyak diantaranya yang belum memenuhi kriteria atau
standar, sehingga kerap kali menyebabkan masalah. Pengoptimalan lahan parkir
tidak hanya dalam pemenuhan kapasitas kendaraan, namun juga dalam hal
kenyamanan dan keamanan.
Dalam
hal ini, kampus E Universitas Gunadarma juga tidak luput dari permasalahan
lahan parkir. Semakin meningkatnya kebutuhan lahan parkir disebabkan oleh
semakin meningkatnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya, dengan total mahasiswa
yang terdaftar sebanyak lebih dari 70.000 mahasiswa di tahun 2016 untuk kampus
Depok. Dari masalah utama ini makan muncul pula beberapa masalah lain, yakni kebutuhan
lahan parkir yang semakin tinggi.
Pada
kampus E Universitas Gunadarma terdapat beberapa titik parkir. Untuk parkir
mobil terletak di bagian depan bangunan atau di sisi Selatan site dan di sisi
Barat site yang bersebelahan dengan plaza. Kapasitas parkir pada area ini mampu
menampung jumlah kendaraan mobil sebanyak 75 mobil, dan tentu hal ini tidak
memenuhi kebutuhan lahan parkir apabila melihat jumlah mahasiswa yang begitu
banyak.
Gambar 2 Letak Titik Parkir Mobil
Sumber : www.google.co.id/maps/, 2016
|
Letak kedua titik
parkir mobil ini bisa dikatakan kurang tepat. Untuk lahan parkir di bagian
Selatan bangunan sebenarnya tidak salah, hanya saja ukurannya yang cukup besar
membuat fasad bangunan cukup terhalangi, kemudian lahan parkir di bagian
Selatan ini memiliki kapasitas yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian Barat,
sehingga menjadikannya lahan parkir mobil utama. Karena area ini merupakan
lahan parkir mobil yang utama mengakibatkan banyaknya aktifitas yang terjadi di
area ini, sehingga kerap kali terjadi penumpukan baik kendaraan maupun manusia
terutama pada jam-jam sibuk yakni pada jam 10.00-13.00 dan jam 15.00-17.00.
Sedangkan lahan
parkir mobil pada sisi Barat diletakkan terlalu berdempetan dengan akses masuk
menuju plaza, sehingga mahasiswa sering merasa kesulitan untuk masuk ke dalam
plaza apabila area parkir sedang padat karena terhalang oleh mobil-mobil yang
parkir.
Gambar 3 Parkir Mobil Kampus E Universitas Gunadarma
|
Untuk titik lahan parkir motor juga dibagi di
dua area, yakni bagian Timur yang di khususkan untuk parkir motor karyawan dan
dosen. Lahan parkir lainnya diletakan di sisi Utara, pada area ini lahan parkir
dibagi menjadi dua, ada yang menggunakan gedung parkir dan lahan parkir biasa.
Gambar 4 Letak Titik Parkir Motor
Sumber : www.google.co.id/maps/, 2016
|
Pada area parkir
di bagian Timur tidak ditemukannya permasalahan yang berarti, baik dari segi
kapasitas dan kenyamanan, area parkir ini juga dekat dengan gedung-gedung
administrasi dan karyawan sehingga mudah diakses. Namun untuk area parkir di
bagian Utara terdapat beberapa masalah, terutama mengenai kapasitas parkir,
baik pada gedung parkir maupun lahan parkir yang terletak di bawah. Gedung
parkir yang ada di kampus E Universitas Gunadarma saat ini mampu menampung
sebanyak 550 sepeda motor, namun ternyata pada saat-saat tertentu dimana
intensitas mahasiswa sedang banyak-banyaknya, seringkali terjadi penumpukkan
motor pada area ini. Di mana motor sudah tidak diparkir di area yang
disediakan, melainkan parkir di area-area tertentu yang sering menghalangi
sirkulasi manusia, bahkan menghalangi sirkulasi motor di gedung parkir sehingga
menyebabkan penyempitan ruas jalan dan mengurangi kebebasan bergerak di gedung
parkir itu. Adapun dampak yang dihasilkan adalah berkurangnya kebebasan
bergerak dan penumpukan kendaraan pada titik-titik tertentu karena kendaraan tidak
bisa bergerak bebas sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama apabila ingin
masuk atau keluar dari gedung parkir.
Gambar 5 Gedung Parkir Motor Kampus E Universitas Gunadarma
|
Dari isu-isu yang
sudah dijelaskan diatas menjadi latar belakang penataan ulang area parkir yang
sedang direncanakan oleh pihak Universitas Gunadarma, dan sudah masuk dalam
tahap perancangan awal. Adapun solusi yang sekiranya dapat menjadi bahan
pertimbangan adalah dengan tidak mencampur area parkir dengan area beraktivitas
mahasiswa sehingga tidak menimbulkan crossing
antara kendaraan dan manusia. Pemisahan tersebut dapat dilakukan dengan
membuat platform untuk memisahkan
zona parkir dan zona mahasiswa secara vertikal, di samping dapat memisahkan
aktivitas parkir dan aktivitas perkuliahan juga dapat menambah kapasitas parkir
pada kampus E Universitas Gunadarma. Diharapkan rancangan penataan ulang yang
sedang direncanakan pada area parkir kampus E Universitas Gunadarma dapat
memberikan solusi atas segala permasalahan dan dapat dinikmati dalam jangka
waktu yang lebih panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar