Musics

Sabtu, 31 Januari 2015

Mekanika Teknik "Jembatan"

 


            
Jembatan lengkung (Arch Bridge) memiliki dinding tumpuan pada setiap ujungnya. Jembatan lengkung yang paling awal diketahui dibangun oleh masyarakat Yunani, contohnya adalah Jembatan Arkadiko. Beban dari jembatan akan mendorong dinding tumpuan pada kedua sisinya.

1.      Sistem Struktur yang Digunakan
Bangunan jembatan diatas merupakan jembatan yang mengunakan struktur pelengkung 3 sendi. Disebut pelengkung tiga sendi adalah karena bentuk struktur ini melengkung menyerupai busur, dan terdapat 3 titik tumpuan beban yang mampu menopang benda apapun di tubuhnya. Konstruksi utama berbentuk melengkung sehingga tidak diperlukan pilar penyangga. Struktur tersebut biasanya digunakan dalam pembuatan jembatan, dimana apabila menggunakan tiang pilar tidak dapat menjangkau kedalaman perairan bawah laut. Jembatan lengkung memiliki dinding tumpuan pada setiap ujungnya.

2.      Macam-macam Beban
A.    Beban Hidup
Beban hidup adalah beban yang bisa ada atau tidak ada pada struktur untuk suatu waktu yang diberikan. Meskipun dapat berpindah-­pindah, beban hidup masih dapat dikatakan bekerja secara perlahan-lahan pada struktur. Beban yang diakibatkan oleh hunian atau penggunaan (occupancy loads) adalah beban hidup. Yang termasuk ke dalam beban penggunaan adalah berat manusia, perabot, barang yang disimpan, dan sebagainya. Beban yang diakibatkan oleh salju atau air hujan, juga temasuk ke dalam beban hidup. Semua beban hidup mempunyai karakteristik dapat berpindah atau, bergerak. Secara umum beban ini bekerja dengan arah vertikal ke bawah, tetapi kadang-kadang dapat juga berarah horisontal.
B.     Beban Mati
Beban mati adalah beban-beban yang bekerja vertikal ke bawah pada struktur dan mempunyai karakteristik bangunan, seperti misalnya penutup lantai, alat mekanis, dan partisi.

3.      Beban yang Bekerja pada Jembatan
a.       Beban Hidup
Beban hidup yang biasa terjadi pada jembatan adalah manusia, kendaraan (mobil, motor, kereta, truk, dll), dan juga beban angin dan air.
b.      Beban Mati
Beban Mati dalam kasus jembatan diatas adalah bahan bahan konstruksi material untuk membuat jembatan seperti besi, baja dan beton.

4.      Sistem Pembebanan

Sistem pembebanan dalam jembatan ini adalah beban teknik. Beban yang terdapat dalam struktur ini yaitu ada beban secara vertikal dan beban secara horizontal. Adanya tekanan dari dalam tanah, tekanan benda-benda statis, tekanan udara, serta ada gaya-gaya gesek antar sendi struktur ini. Dirancang melengkung agar dapat mengurangi momen yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar